Pejabat Pemerintah Timor-Leste Ikuti Diklat CHIEF INFORMATION OFFICER di Indonesia, Mulai Tanggal 4 – 11 November 2016 (Bahasa Indonesia Version)
Wednesday, 16 November 2016 03:25

Sepuluh orang pejabat Timor Leste dari yang bertanggung jawab dalam kebijakan di bidang Teknologi Informasi dan e-Government akan mengikuti Diklat Chief Information Officer (CIO) di Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK), Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO), Cikarang, Jawa Barat.

Diklat yang diselenggarakan pada tanggal 7 s.d 11 November 2016 tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan program “Information and Communication Technology Capacity Building Program for Officials of Timor-Leste through South-South and Triangular Cooperation (SSTC)”. Program ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Korea.

Direktur Bidang Infrastruktur dan Komunikasi Kementerian Pekerjaan Umum, Transportasi dan Komunikasi, Republik Timor-Leste, Nicolau S. Celestino, mengatakan bahwa peningkatan kompetensi SDM di bidang TIK sangat diperlukan oleh aparatur pemerintah Timor Leste untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien dengan pemanfaatan TIK di berbagai sektor.

“Untuk kelas CIO ini kami mengirimkan para pejabat yang perlu pemahaman akan pentingnya Teknologi Informasi di sektor pemerintahan, seperti Direktur Jenderal, Direktur dan Kepala Unit Kerja” ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, Basuki Yusuf Iskandar, menyampaikan bahwa dengan program ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan TIK bagi peserta di sektor pemerintahan serta memberikan wawasan kepada peserta tentang pentingnya peran strategis TIK ke depan.

“Peserta di program ini selain mendapatkan pengetahuan, saya harapkan juga dapat menjadi agen-agen utama dalam peran strategis dari TIK di institusinya masing-masing”, tegas Basuki.

Para peserta dari Timor-Leste ini akan bergabung bersama 20 orang peserta Diklat dari pemerintah pusat dan daerah di Indonesia. Para pengajar berasal dari berbagai sektor seperti akademisi, praktisi dan juga aparatur pemerintah Indonesia yang terkait dalam pengembangan e-Government.

Semua pembiayaan dalam program ini berasal dari hibah Pemerintah Korea Selatan melalui KOICA dalam kerangka South-South Triangular Cooperation (SSTC). Selain kelas CIO ini, juga terdapat 20 orang aparatur pemerintah Timor Leste yang ikut Diklat di kelas manager dan operator yang telah diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober s.d 4 November 2016.

Sementara itu, BPPTIK adalah sebuah Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Kominfo yang bertugas melaksanakan pelatihan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi. BPPTIK dibangun atas hibah Korea Selatan kepada Indonesia, dan  telah diresmikan sejak tahun 2011.

Sejak bulan Desember 2015, BPPTIK melalui Balitbang SDM Kementerian Kominfo, telah mendapatkan Akreditasi dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) sebagai instansi pengakreditasi Lembaga Diklat Teknis di Bidang TIK. BPPTIK telah menyelenggarakan berbagai pelatihan dan sertifikasi kompetensi di bidang TIK untuk masyarakat industri, maupun diklat teknis di bidang TIK untuk aparatur pemerintah atau ASN. Sebagai sebuah pusat pelatihan, BPPTIK memiliki fasilitas yang lengkap untuk pelaksanaan pelatihan TIK, seperti laboratorium komputer, auditorium, pusat olah raga, tempat ibadah, dan asrama peserta pelatihan.

----

Kontak:

BPPTIK : Hamdani / 087 878 146 616 / This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it

 

Bureau for Technical Cooperation

State Secretariat of__

the Republic of Indonesia__

Jl. Veteran III No. 9__

10110__

Jakarta__

Indonesia__

Ph. +62-21-3846463__

Fax +62-21-3866579__

email: indonesia.sstc@setneg.go.id__

http://isstc.setneg.go.id__