Refleksikan Komitmen Pemerintah Indonesia Dukung SDGs 2030, Kemensetneg dan Tim Kornas KSS Luncurkan Laporan Tahunan KSS Tahun 2020
Friday, 31 December 2021 12:33

Bertempat di Hotel Swiss-Belinn Bogor, Jawa Barat, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) bersama Tim Koordinasi Nasional (Kornas) Kerja Sama Selatan-Selatan (KSS) Indonesia meluncurkan Buku Laporan Tahunan KSS Indonesia Tahun 2020 secara resmi pada Kamis, 2 Desember 2021. Selain dilaksanakan secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan, acara juga dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Dalam acara tersebut Noviyanti, Kepala Biro Kerja Sama Teknik Luar Negeri (KTLN), Kemensetneg selaku Co-chair Working Group 3 Tim Kornas KSS Indonesia menyampaikan secara langsung Laporan Tahunan KSS Tahun 2020 kepada Maria Renata Hutagalung, Direktur Kerja Sama Pembangunan Internasional, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) selaku Ketua Tim Kornas KSS Indonesia.

Dalam sambutannya, Maria Renata menyampaikan bahwa Laporan Tahunan 2020 merupakan dokumentasi yang memuat capaian dan kontribusi Indonesia di bidang KSS, highlights kegiatan-kegiatan, beserta lessons learned selama satu tahun terakhir pelaksanaan program.

“Dokumentasi ini merupakan bagian dari institutional memory yang merefleksikan kerja nyata Pemerintah Indonesia dalam memajukan Kerja Sama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST),” ujar Maria.

Selaras dengan hal tersebut, Noviyanti pun berharap laporan ini mampu merefleksikan komitmen kuat pemerintah Indonesia dalam mendukung agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030, terutama Tujuan 17: Partnership for the Goals.

“Laporan Tahunan ini telah kami kemas sedemikian rupa agar mampu memberikan gambaran jelas mengenai program dan kegiatan KSS Indonesia di era pandemi Covid-19 tahun 2020,” kata Noviyanti.

Pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi pelaksanaan program KSS Indonesia. Sebagai informasi, ada dua puluh kegiatan KSS yang berhasil dilaksanakan selama tahun 2020, antara lain untuk Program Pembangunan, Program Tata Kelola Kelembagaan, dan Program Ekonomi. Keberhasilan pelaksanaan program KSS tersebut, menurut Rio Budi Rahmanto, Kepala Pusat Strategi Kebijakan Multilateral, Kemenlu menunjukkan bahwa Indonesia secara cepat dan tanggap dapat melakukan adaptasi di masa pandemi, khususnya dalam menyelenggarakan program KSS.

Pelaksanaan Program Ekonomi ini pun menjadi bukti bahwa kini cakupan program KSST pun semakin luas. Priyanto Rohmatullah, Koordinator Kerja Sama Pembangunan Global, Bappenas menyampaikan bahwa ada perubahan dalam pelaksanaan KSST yang dahulunya sekedar kerja sama teknik, kini berkontribusi dalam upaya peningkatan ekonomi melalui perdagangan dan investasi. Terlebih lagi, dalam sambutan yang disampaikan oleh Priyanto, pelaksanaan KSST dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dan rata-rata pertumbuhan KSST ini meningkat sekitar 17%. Hal ini menegaskan bahwa Indonesia tetap berkomitmen untuk terus mensukseskan pelaksanaan Program KSST bahkan dalam situasi pandemi seperti ini.

Lebih lanjut, Priyanto juga sempat menyampaikan bahwa selama ini pelaksanaan KSST selalu mengutamakan prinsip keterbukaan. Ini berarti segala hal yang dilakukan dalam kerangka pelaksanaan Progam KSST selalu didiseminasikan, baik untuk publik nasional maupun masyarakat internasional.

Laporan tahunan yang disusun secara bersama dengan Mitra Pembangunan, JICA Indonesia Office memberikan makna yang penting karena mampu menunjukkan komitmen dan kontribusi Indonesia dalam KSS untuk membantu sesama negara berkembang dan bentuk solidaritas Indonesia untuk pembangunan berkelanjutan.

Tomoyuki Tada dari JICA Indonesia Office menyampaikan apresiasi atas kerja keras dan kerja bersama dari Tim Kornas KSS Indonesia dan tim konsultan dalam penyusunan Laporan Tahunan ini. Tada juga berharap diluncurkannya Laporan Tahunan KSS Indonesia Tahun 2020 dapat meningkatkan promosi dan diseminasi program KSS Indonesia dan masyarakat pun semakin menyadari dampak positif dari program ini. (WKA-Humas Kemensetneg)

 

Bureau for Technical Cooperation

State Secretariat of__

the Republic of Indonesia__

Jl. Veteran III No. 9__

10110__

Jakarta__

Indonesia__

Ph. +62-21-3846463__

Fax +62-21-3866579__

email: indonesia.sstc@setneg.go.id__

http://isstc.setneg.go.id__